Selasa, 01 September 2020

LOGO KOREM 162/WIRA BHAKTI

Logo Korem 162/Wira Bhakti


PROFIL SATUAN KOREM 162/WIRA BHAKTI

Komando Resort Militer 162/Wira Bhakti merupakan Satuan Teritorial yang bermarkas di MataramNusa Tenggara Barat dan berada di bawah Komando Daerah Militer IX/Udayana.

 

SEJARAH SINGKAT KOREM 162/WIRA BHAKTI

Awal di bentuknya Korem 162/Wira Bhakti pada tanggal 24 Februari 1961 dengan nama Korem Nusa Tenggara Barat.

Berdasarkan Radiogram Pangdam XVI/Udayana No: KDM-420/5/1961 tanggal 6 Mei 1961, ditetapkan pemberian nomor Korem se Nusa Tenggara, dimana Korem Nusa Tenggara Barat berubah menjadi Korem 162/Nusa Tenggara Barat.

 Pada tahun 1963 jajaran Korem 162/NTB dibentuk 1 Kodim baru, yaitu Kodim 1618/Sumbawa Timur yang meliputi Daerah Tk.II Bima dan Dompu Pada tanggal 20 Mei 1966 dengan Surat Keputusan M/Pangab nomor: Kep-38/5/1966 disahkan juga Korem Nusa Tenggara Barat dengan nama " WIRA BHAKTI " .


 

Dhuaja Korem 162/Wira Bhakti terdiri dari (Bintang, Padi, Kapas, Gunung Rinjani, Kijang, Perisai dan Pemukul), yang mempunyai arti bahwa: " Setiap Prajurit Korem 162 sebagai Pahlawan harus memiliki sifat kebaktian tulus ikhlas, rela dalam pengabdiannya terhadap Negara, Nusa dan Bangsa ". 

 

 

Seperti halnya Satuan Dinas Jawatan lain di lingkungan TNI, Korem 162/Wira Bhakti selalu mengalami perkembangan dalam berbagai bidang, sesuai dengan tuntutan dalam pelaksanaan tugas.

 Pada tanggal 1 April 1985, Korem 162/Wira Bhakti telah melaksanakan reorganisasi sesuai Keputusan Kasad nomor: Kep/14/XII/1984 tanggal 26 Desember 1984 hingga Sekarang.


 

 


Korem 162/Wira Bhakti yang membawahi Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

 

Dislokasi Korem 162/Wira Bhakti memiliki wilayah tanggung jawab meliputi  8 kabupaten dan 2 kota dengan luas wilayah 20.153,15 km2 dan jumlah penduduk pada tahun 2020 sebanyak 5.320.092 jiwa dengan berbagai Suku dan Agama.

 

Korem 162/Wira Bhakti merupakan Korem bertipe A yang di pimpin oleh seorang perwira tinggi berpangkat Brigadir Jenderal.

Markas Korem 162/Wira Bhakti berkedudukan di jl. Lingkar Selatan No.162 Pagutan, Kecamatan Mataram, Kota Mataram Nusa Tenggara Barat dan memiliki 7 satuan Teritorial jajaran di antaranya ;

1. Kodim 1606/Mataram         -   Berkedudukan di Kota Mataram dengan tanggung jawab                         wilayah Kota mataram, Kabupaten Lombok Barat dan               Kabupaten Lombok Utara yang membawahi 10 Koramil               jajaran.

2. Kodim 1607/Sumbawa          - Berkedudukan di Kabupaten Sumbawa Besar dengan  tanggung jawab Wilayah Kabupaten Sumbawa Besar yang               membawahi 9 Koramil jajaran.

3. Kodim 1608/Bima                   - Berkedudukan di Kota Bima dengan Tanggung jawab Wilayah Kota Bima dan Kabupaten Bima yang membawahi   7 Koramil jajaran.

4. Kodim 1614/Dompu               - Berkedudukan di Kabupaten Dompu dengan tanggung               jawab Wilayah Kabupaten Dompu yang membawahi 6               Koramil jajaran.

5. Kodim 1615/Lombok Timur   - Berkedudukan di Kabupaten Lombok Timur dengan  Tanggung Jawab Wilayah Kabupaten Lombok Timur  yang membawahi 11 Koramil jajaran.

6. Kodim 1620/Lombok Tengah - Berkedudukan di Kabupaten Lombok Tengah dengan                Tanggung jawab Wilayah Kabupaten Lombok Tengah   yang membawahi 9 Koramil jajaran, dan

7. Kodim 1628/Sumbawa Barat - Berkedudukan di Kabupaten Sumbawa Barat dengan   Tanggung Jawab Wilayah Kabupaten Sumbawa Barat   yang membawahi 5 Koramil jajaran.

 

 

Serta memiliki 1 satuan tempur yaitu Batalyon Infanteri 742/Satya Wira Yudha yang merupakan satuan pemukul Korem 162/Wira Bhakti yang memiliki 1 markas komando, 3 kompi senapan dan 1 kompi bantuan.

 

Markas Komando dan kompi markas Batalyon infanteri 742/SWY berkedudukan di  Kota Mataram

Kompi senapan A berkedudukan di Kota Bima

Kompi Senapan B berkedudukan di Kabupaten Sumbawa Besar

Kompi Senapan C Berkedudukan di Kota Mataram, dan

Kompi Bantuan Berkedudukan di Kabupaten Lombok Timur.

 

 

 

Dalam pelaksanaan tugasnya Korem 162/Wira Bhakti juga di bantu oleh unsur pelaksana yang langsung berada di bawah naungan Korem 162/Wira Bhakti diantaranya ;

Detasemen Polisi Militer

Detasemen Peralatan

Detasemen Kesehatan

Detasemen Zeni Bangungan  

Detasemen Perbekalan Angkutan

Detasemen Perhubungan

Ajudan Jenderal

Administrasi Veteran 

 

Tugas Pokok Korem 162/wira Bhakti

Adalah    menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan serta pembinaan teritorial untuk menyiapkan wilayah pertahanan darat dan menjaga keamanan wilayah dalam rangka mendukung tugas pokok kodam IX/Udayana.

di samping melaksanakan tugas pembinaan Satuan dalam rangka terpeliharanya kemampuan dan kesiapan operasional satuan dalam tubuh komando teritorial, juga melaksanakan pembinaan potensi pertahanan darat lainnya,

 

Dalam hal Teritorial Korem 162/Wira Bhakti juga turut hadir dalam membantu masyarakat sekitar

 

Ini di buktikan dengan berbagai kegiatan meliputi Tentara Manunggal Membangun Desa, Pembangunan Pompa Hidram di setiap Wilayah.

 


Untuk menjaga kondisi fisik para personilnya, Korem 162/Wira Bhakti secara rutin melaksanakan kegiatan olahraga bersama

 

 

 

Dengan semboyan mencintai, dicintai dan di banggakan rakyat, Korem 162/Wira Bhakti akan selalu berbuat yang terbaik bagi Nusa dan Bangsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih , semoga sukses selalu